Ilustrasi Grafik IPM
ilustrasi

MUARA TEWEH - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Barito Utara (Batara), turut andil menyumbangkan pendapat asli daerah (PAD). Hingga bulan Agustus 2019, Dishub berhasilkan melaksanakan target PAD yang ditetapkan pemerintah Kabupaten Batara sebesar Rp3 miliar, bahkan melebih target. Pasalnya realisasi PAD sudah mencapai Rp3,83 miliar. Terkhusus untuk retribusi tambat labuh yang dikelola oleh Bidang sungai Dinas Perhubungan.

Kepala Dinas Perhubungan H Fery Kusmiadi melalui Plt Sekertaris Dinas, Buana Pati menerangkan, untuk perolehan PAD dari hasil retribusi tambat labuh per bulan Agustus 2019 telah melebih target yang ditetapkan. 

“Untuk target PAD Bidang Sungai Dinas Perhubungan tahun 2019 ini telah melebihi target yang telah ditetapkan yakni realisasi mencapai Rp3,83 miliar," Buana Pati, Minggu (13/10).

Dijelaskan Buana, tingginya perolehan PAD dari jasa tambat labuh bidang sungai ini bahkan telah melebihi total target Pendapatan Disbub secara keseluruhan yang telah ditetapkan sebesar Rp3,074 miliar untuk tahun 2019 ini.

Faktor yang menyebabkan tingginya pendapatan dari jasa tambat labuh ini, ujarnya, lantaran hasil produktivitas perusahaan yang juga tinggi di daerah ini, sehingga juga berdampak terhadap banyak angkutan hasil produksi perusahaan yang melintas di perairan Sungai Barito.

"Pendapatan dari retribusi tambat labuh ini masih berpotensi akan bertambah lagi, sehubung dengan masih adanya waktu yang tersisa. Tergantung dari kondisi alam dan juga produksi perusahaan-perusahaan di daerah ini,” tukasnya. Diketahui tahun lalu perolehan PAD dari retribusi tambat labuh ini juga melampaui target dengan realisasi Rp3,5 miliar. (dad/uni)

sumber : http://www.kaltengpos.co/berita/-33474-berhasil_lampaui_target_pad.html

Add comment


Security code
Refresh